Bantul (MAN 2 Bantul) – Untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, Marjiyah, S.Pd., menyelenggarakan sesi pembelajaran dengan pendekatan fun learning berbasis mind mapping melalui aplikasi desain Canva. Kali ini, sesi pembelajaran dikhususkan untuk materi descriptive text, yang menjadi salah satu topik penting di kelas XI.
Marjiyah memandu siswa menggunakan mind mapping untuk merancang deskripsi secara kreatif. Metode ini memungkinkan siswa memetakan ide-ide utama serta mengatur informasi dalam bentuk yang rapi dan visual. Dengan bantuan Canva, siswa bisa menambahkan elemen-elemen visual, seperti ikon dan gambar, yang tidak hanya memperkaya konten, tetapi juga membuat pembelajaran lebih menarik.
“Siswa terlihat sangat antusias menggunakan Canva, mereka bebas berkreasi dan merancang mind map yang sesuai dengan pemahaman mereka. Aktivitas ini tak hanya memudahkan mereka memahami materi, tapi juga mengasah kreativitas,” kata Marjiyah
Kegiatan dimulai dengan pengantar materi descriptive text, di mana siswa belajar tentang teknik mendeskripsikan objek, tempat, atau orang. Selanjutnya, mereka mulai membuat mind map dengan Canva, merangkai deskripsi menjadi lebih terstruktur. Penggunaan berbagai fitur Canva memungkinkan setiap siswa menciptakan hasil yang unik dan penuh warna, sesuai dengan gaya masing-masing.
Menurut Marjiyah, penggunaan Canva dalam pembelajaran ini juga bertujuan untuk memperkenalkan siswa pada aplikasi desain grafis sederhana yang bermanfaat. “Selain menguasai konsep descriptive text, siswa juga mendapat keterampilan baru dalam menggunakan aplikasi desain yang bisa bermanfaat di luar kelas.” tambahnya.
Sebagai penutup, hasil mind map dari setiap siswa dipresentasikan di depan kelas, diikuti dengan sesi saling memberi feedback. Ini memberi kesempatan bagi siswa untuk berlatih komunikasi serta membangun rasa percaya diri dalam menyampaikan ide di depan teman-temannya.
Dengan metode ini, Marjiyah berharap dapat menciptakan suasana belajar yang kreatif, serta menjadi inspirasi bagi guru lainnya untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. (mar)