Pengenalan Keterampilan Kriya Logam

– TUJUAN PROGRAM PENDIDIKAN KETRAMPILAN PADA MADRASAH ALIYAH

Tujuan program pendidikan keterampilan pada Madrasah Aliyah adalah memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada siswa dalam bidang yang dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing mereka di masa depan. Program pendidikan keterampilan bertujuan untuk melengkapi pendidikan formal yang diterima siswa dengan keterampilan praktis yang dapat memperluas kesempatan mereka untuk bekerja atau memulai usaha sendiri.

Tujuan program pendidikan keterampilan di Madrasah Aliyah juga mencakup pembentukan karakter dan kepribadian siswa melalui pengembangan keterampilan sosial, keterampilan kepemimpinan, kreativitas, dan inovasi. Selain itu, program pendidikan keterampilan juga bertujuan untuk membantu siswa menemukan dan mengembangkan potensi mereka dalam bidang-bidang tertentu serta membuka peluang bagi siswa untuk memperoleh sertifikasi atau lisensi yang diperlukan untuk bekerja di industri tertentu.

Dalam konteks Madrasah Aliyah, program pendidikan keterampilan juga diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada siswa dengan membekali mereka dengan keterampilan dalam bidang-bidang yang khusus sesuai dengan misi pendidikan di Madrasah Aliyah, seperti keterampilan dalam bidang teknologi, bahasa, seni dan budaya, serta keagamaan.

– TUJUAN PENDIDIKAN KETRAMPILAN KRIYA LOGAM

Tujuan dari program pendidikan keterampilan kriya logam adalah untuk melatih siswa dalam mengembangkan keterampilan dan keahlian di bidang seni logam. Siswa akan mempelajari teknik-teknik seperti pemotongan, pembentukan, pengelasan, dan pewarnaan logam untuk membuat berbagai produk kriya logam seperti patung, lampu, perhiasan, atau barang dekoratif lainnya. Selain itu, siswa akan dilatih untuk menguasai penggunaan alat dan mesin yang diperlukan dalam kriya logam seperti mesin bubut, mesin bor, mesin las, dan sebagainya. Program pendidikan keterampilan kriya logam juga bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi siswa serta mengajarkan mereka untuk merancang dan membuat karya seni logam yang unik dan orisinal. Dengan demikian, siswa yang menyelesaikan program ini akan memiliki kemampuan untuk membuat karya seni logam yang berkualitas dan dapat dijual sebagai produk seni atau sebagai barang koleksi.

– PELUANG PEKERJAAN

Setelah menyelesaikan program pendidikan keterampilan kriya logam, tamatan memiliki peluang untuk bekerja di berbagai industri kreatif, termasuk industri seni dan kerajinan, industri perhiasan, industri lampu, dan sebagainya. Tamatan juga dapat memulai bisnis kriya logam mereka sendiri dengan membuat dan menjual produk kriya logam yang unik dan orisinal. Peluang karir khusus yang terkait dengan keterampilan kriya logam adalah sebagai perajin kriya logam, pengrajin perhiasan, pembuat lampu, pengrajin seni dekoratif, atau sebagai pengajar di bidang seni logam. Selain itu, kemampuan dalam kriya logam juga dapat membuka peluang karir sebagai desainer produk, arsitek, atau insinyur yang mengkhususkan diri dalam desain dan pembuatan produk yang menggunakan material logam.

– KEMAMPUAN TAMATAN

Kemampuan tamatan dari keterampilan kriya logam dapat berupa penguasaan teknik-teknik pembentukan logam seperti membentuk, memotong, menempa, dan menyatukan bahan logam menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan. Tamatan juga memiliki keterampilan dalam pemrosesan dan finishing, seperti mengasah, meratakan, dan polising, sehingga produk kriya logam menjadi lebih menarik dan berkualitas tinggi. Kemampuan tamatan juga termasuk penguasaan teknik pewarnaan, pengoksidasi, dan penggunaan patina untuk menciptakan efek tertentu pada produk kriya logam. Selain itu, tamatan juga dapat memiliki kemampuan dalam mengembangkan desain dan membuat prototipe produk, serta kemampuan untuk mengoperasikan dan memelihara mesin dan peralatan kriya logam.

Galeri Kriya Logam

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?