Siswa Keterampilan Kriya Logam MAN 2 Bantul PKL di Salim Silver dan Slamet Riyanto Silver

Bantul (MAN 2 Bantul) – Siswa kelas XII MAN 2 Bantul dari Program Keterampilan Kriya Logam selama bulan Juli – Agustus menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di industri kerajian perak di Kotagede, D.I. Yogyakarta, yaitu Salim Silver dan Slamet Riyanto Silver. Pengalaman berharga ini tidak hanya meningkatkan keterampilan mereka dalam seni logam, tetapi juga membuka peluang karir menjanjikan di industri kriya.

Selama periode PKL yang berlangsung selama dua bulan, siswa-siswa kriya logam ini diberikan kesempatan untuk belajar langsung dari para ahli perhiasan Salim Silver dan Slamet Riyanto Silver. Mereka menggali lebih dalam tentang proses pembuatan perhiasan mulai dari perencanaan desain, pemilihan bahan, hingga teknik pengerjaan detail yang menghasilkan karya seni logam yang indah.

Salim Silver, yang dikenal dengan kualitas perhiasan berkualitas tinggi kualitas eksport, memberikan kesempatan bagi siswa untuk merasakan atmosfer kerajinan perak profesional yang fokus pada presisi dan kerajinan tangan.

Berbagai macam hasil kerajian perak di Salim Silver Kotagede Yogyakarta
 

Andika Mulyawanto, salah satu siswa kriya logam yang mengikuti PKL di Salim Silver, mengungkapkan kesan positifnya, “Saya merasa sangat beruntung dapat belajar dari para maestro perhiasan di industri kerajinan perak ini. Mereka tidak hanya mengajarkan teknik-teknik kriya logam, tetapi juga nilai-nilai tentang dedikasi dan ketekunan dalam menghasilkan karya yang sempurna.”

Kepala MAN 2 Bantul, Drs. H. Ulul Ajib, M.Pd, memberikan pandangannya, “PKL di industri kerajian perak terkemuka di Yogyakarta ini adalah langkah besar dalam mengembangkan bakat dan keterampilan siswa dalam seni kriya logam. Ini sejalan dengan visi madrasah kami untuk memberikan pendidikan yang holistik dan praktis kepada siswa.”

 

Kedua industri perhiasan perak ini ini sangat mengapresiasi semangat belajar dan dedikasi para siswa. Pemilik Salim Silver, menyatakan, “Kami senang dapat berkontribusi dalam pengembangan generasi muda dalam industri perhiasan. Para siswa ini telah menunjukkan semangat belajar yang luar biasa dan kami berharap mereka dapat menginspirasi dunia kriya logam di masa depan.”

Diharapkan, pengalaman berharga ini akan memberikan dasar yang kokoh bagi para siswa program keterampilan Kriya Logam untuk mengukir karir gemilang dalam industri seni logam dan perhiasan. (ith)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?