Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya peserta didik yang Mandiri, Unggul, Terampil, Inovatif, Antikorupsi dan antigratifikasi, Ramah Anak dan Ramah Lingkungan serta Berkarakter (Mutiara Berkarakter)

Visi tersebut mengandung 6 kata kunci, yaitu Mandiri, unggul, terampil, inovatif, anti korupsi dan anti gratifikasi, ramah anak dan ramah lingkungan serta berkarakter. Secara rinci visi tersebut dapat dijabarkan dalam indikator sebagai berikut:

  • Mandiri. Diharapkan peserta didik memiliki sikap kemandirian dalam menghadapi tantangan;
  • Unggul. Diharapkan peserta didik mempunyai keunggulan yang meliputi kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, sosial dan keterampilan;
  • Terampil, Diharapkan peserta didik memiliki skill sesuai dengan peminatan program keterampilan yang dipilih;
  • Inovatif, Diharapkan peserta didik mampu mengembangkan ide-ide kreatif dalam pengetahuan, teknologi dan keterampilan;
  • Antikorupsi dan Antigratifikasi, Diharapkan peserta didik memiliki integritas dalam menegakkan sikap antikorupsi dan antigratifikasi;
  • Ramah Anak dan Ramah Lingkungan, Diharapkan peserta didik memiliki sikap peduli sesama, anti kekerasan dan peduli lingkungan serta mencintai alam;
  • Berkarakter. Diharapkan peserta didik dapat menanamkan nilai-nilai agama dan norma sosial sesuai karakter yang dikembangkan di P5P2RA yaitu 6 dimensi di P5 dan 10 nilai di P2RA.

Misi

Misi MAN 2 Bantul dijabarkan berdasarkan visi yang telah ditetapkan yaitu:Ā 

1.Mandiri : Untuk mewujudkan sikap mandiri langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • membekali keterampilan kerja sesuai dengan bakat dan kemampuan peserta didik melalui program keterampilan Tata busana, Multimedia, Otomotif, Tata Boga/APHP dan Las.
  • membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.
  • melatih kemandirian peserta didik melalui program kewirausahaan antara lain kunjungan UMKM, kunjungan Industri, Inkubasi Bisnis, PKL, Uji Kompetensi Keterampilan, P5P2RA tema Kewirausahaan dan Kebekerjaan.
  • melatih kemandirian peserta didik melalui program Ekstrakurikuler Pramuka, PMR, Dewan Ambalan dan lainnya.

2. Unggul : Untuk mewujudkan peserta didik yang unggul langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan prestasi dalam bidang akademik melalui kegiatan OSN, KSM, Myres, Madrasah Robotic Competition, OPSI, Fiksi, Riset Internasional dan lainnya.
  • Mewujudkan peningkatan prestasi dalam bidang non akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler dan lomba di bidangĀ  seni budaya dan olahraga.
  • Mengoptimalkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif.
  • Membudayakan perilaku agamis dalam berbagai aspek kehidupan di madrasah diantaranya pembiasaan asmaul husna, sholat dhuha, tadarus, sholat dhuhur dan asar berjamaah, peringatan hari besar Islam, Fasih bacaan dan gerakan sholat, Pesantren Ramadhan.
  • Proses seleksi PPDB melalui Jalur Prestasi Akademik, Prestasi non akademik, Prestasi Tahfid Terpadu (JPTT).
  • menciptakan peserta didik yang unggul dalam memasuki dunia kerja dan melanjutkan ke perguruan tinggi.
  • membekali peserta didik di bidang teknologi informatika.

3. Terampil :Ā Untuk mewujudkan peserta didik yang terampil, langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • melaksanakan keterampilan vokasional dengan jurusan keterampilan Tata Boga/APHP, Tata Busana. Multimedia, Las dan Otomotif.
  • mengintegrasikan mata pelajaran keterampilan dalam pembelajaran intrakurikuler, yang dilaksanakan dengan pola 75% praktik dan 25% teori.
  • menyiapkan peserta didik yang terampil pada bidangnya masing-masing dan siap terjun di dunia kerja.

4. Inovatif :Ā Untuk mewujudkan peserta didik yang inovatif, langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • memberikan ruang kepada peserta didik melalui Mandaba Creative Team.
  • memberikan pendampingan pada pengembangan inovasi siswa melalui Mandaba Research community dan Mandaba Robotic Team.
  • memberikan ruang kewirausahaan pada peserta didik melalui inkubasi bisnis.
  • memberikan keleluasaan peserta didik yang akan mengembangkan potensi di bidang seni, budaya, literasi dan olahraga.

5. Antikorupsi dan Antigratifikasi : Untuk mewujudkan peserta didik Antikorupsi dan Antigratifikasi, langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • mengintegrasikan pendidikan antikorupsi dan Antigratifikasi dalam setiap mata pelajaran.
  • mengimplementasikan pendidikan antikorupsi dan Antigratifikasi dalam seluruh aspek kehidupan di madrasah dan diluar madrasah.
  • membekali peserta didik dengan jiwa antikorupsi dan antigratifikasi yang internalisasi sehingga kedepan menjadi pribadi antikorupsi dan antigratifikasi.
  • Menjadikan pendidikan antikorupsi dan antigratifikasi sebagai bagian integral dari pendidikan karakter.
  • Membangun zona integritas dan wilayah bebas bersih melayani di MAN 2 Bantul.

6. Ramah Anak dan Ramah Lingkungan :Ā Untuk mewujudkan peserta didik ramah Anak dan ramah lingkungan Ā langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • mengintegrasikan pembelajaran ramah anak dalam setiap mata pelajaran.
  • Pendeklarasian MAN 2 Bantul sebagai Madrasah Ramah Anak (RMA).
  • Sosialisasi tentang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak.
  • Penyusunan Kebijakan MRA.
  • Konsultasi anak.
  • Pembentukan Tim Pelaksana MRA.
  • Pengembangan MRA.

7. Berkarakter :Ā Untuk mewujudkan peserta didik berkarakter langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • mengintegrasikan pendidikan karakter pada setiap mata pelajaran.
  • Melaksanakan pengamalan agama secara terencana melalui program BTA dan tahfidz.
  • melakukan pendampingan peserta didik untuk menguatkan sikap spiritual yang ditunjukkan baik dalam menghargai perilaku beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di madrasah dan masyarakat, rajin berdoa, rajin memberi salam, rajin mengikuti shalat berjamaah dan pandai bersyukur.
  • melakukan pembinaan karakter moral peserta didik dalam hal disiplin, sopan, rajin, gotong royong, jujur, mandiri, kritis, kreatif, peduli, tanggung jawab, semangat, tangguh, toleransi, percaya diri dan rela berkorban.

Tujuan

Sejalan dengan visi dan misi madrasah, maka tujuan penyelenggaraan pendidikan di MAN 2 Bantul adalah :
  • Meningkatkan kualitas dan prestasi akademik dan non akademik ;
  • Menjadikan Madrasah unggul berbasis Vokasional dan Multimedia;
  • Menyelenggarakan Sistem Boarding School.
  • Mengimplementasikan Pembelajaran berbasis keterampilan hidup mandiri;
  • Meningkatkan kecerdasan intelektual emosional dan spiritual (IQ, EQ, dan SQ);
  • Meningkatkan keterampilan dan kemadirian peserta didik ;
  • Mengmplementasikan nilai-nilai Islam
  • Terwujudnya lingkungan yang bersih, sejuk, indah dan nyaman berbasis Adiwiyata ;
  • Terealisasi penyelenggaraan pembelajaran yang ā€œEdutainmentā€ dinamis, nyaman dan menyenangkan;
  • Terwujudnya tata pergaulan ramah dan cinta damai di dalam dan di luar madrasah.
  • Powered by
    Scroll to Top