Pertemuan Awal Proyek P5P2RA MAN 2 Bantul: Membangun Generasi Pelajar Berkarakter Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin

Bantul (MAN 2 Bantul) – Pendidikan adalah fondasi utama dalam membentuk karakter dan nilai-nilai yang melekat pada generasi muda. Di Indonesia, pada lingkup pendidikan madrasah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA) menjadi dua pilar penting dalam membentuk karakter pelajar yang berakhlak mulia dan inklusif. Pertemuan awal proyek P5P2RA merupakan langkah pertama yang penting dalam mewujudkan visi dan misi proyek ini untuk memperkuat profil pelajar berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan pelajar Rahmatan Lil Alamin.

Proyek P5P2RA bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin di kalangan pelajar. Dengan memperkuat karakter dan profil pelajar berdasarkan nilai-nilai luhur ini, diharapkan generasi muda akan menjadi warga negara yang berbudi pekerti, inklusif, dan menghormati keberagaman. Visi proyek ini adalah menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi pembentukan karakter pelajar yang mencintai kebhinekaan Indonesia, menghargai persatuan, serta mampu berkontribusi positif untuk masyarakat dan bangsa.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bantul pada tahun ini mulai menerapkan kurikulum merdeka untuk kelas X. Kamis (20/7/23) melaksanakan pembelajaran awal untuk P5P2RA yang disi oleh masing – masing koordinator dan fasilitator kelas X. Kegiatan awal ini peserta didik diberi pengetahuan mengenai Kewirausahaan.  Kewirausahaan kini telah menjadi fenomena global yang menginspirasi banyak orang untuk mengejar impian dan menciptakan dampak positif dalam masyarakat. Istilah “kewirausahaan” merujuk pada kemampuan untuk menciptakan, mengembangkan, dan menjalankan usaha baru atau memperluas usaha yang sudah ada dengan visi inovatif. Di balik kata sederhana ini, tersembunyi daya dorong yang kuat untuk menciptakan perubahan dan mencapai kebebasan finansial serta kemandirian. Peserta didik diajak untuk memiliki semangat kewirausahaan, berani mengambil risiko, belajar dari kegagalan, dan terus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di sekitar mereka. Untuk tidak takut mewujudkan ide-ide brilian menjadi kenyataan, meskipun di hadapan berbagai hambatan dan ketidakpastian. 

 

Harapan besar dari proyek P5P2RA adalah bahwa generasi pelajar masa depan akan menjadi pemimpin yang berintegritas, menghormati perbedaan, dan menyumbangkan yang terbaik bagi kemajuan bangsa. Dengan menguatnya karakter Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin di kalangan pelajar, Indonesia akan semakin kokoh dalam membangun persatuan, kesatuan, dan keberagaman sebagai pondasi kekuatan bangsa yang maju dan beradab. (ith)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?