Pedoman Pembelajaran dan Penilaian (PPA) Kurikulum Merdeka

Pedoman Pembelajaran dan Penilaian (PPA) adalah dokumen yang memuat prinsip, strategi, dan contoh yang dapat membantu guru dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dan penilaian. Pembelajaran terencana meliputi kegiatan dimana tujuan pembelajaran diartikulasikan ke dalam tujuan pembelajaran dan bagaimana tujuan pembelajaran tersebut dicapai. Namun penilaian merupakan kegiatan selama pembelajaran, mencari bukti pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam panduan ini, pembelajaran dan penilaian membentuk sebuah siklus; Jika evaluasi memberikan informasi tentang pembelajaran yang direncanakan, efektivitas pembelajaran yang sedang berlangsung diperiksa dengan bantuan evaluasi. Oleh karena itu, penilaian yang dianjurkan adalah penilaian formatif yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa. Pemerintah telah menetapkan capaian pembelajaran yang menjadi acuan utama dalam penyusunan rencana pembelajaran, khususnya dalam kegiatan internal kurikulum1. Panduan ini memfasilitasi refleksi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, mulai dari analisis hasil pembelajaran, pengembangan tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, modul pengajaran dan evaluasi pada pembelajaran tahap awal dan pembelajaran yang dibedakan.Ā  Dokumen ini juga memuat perencanaan serta pelaksanaan asesmen yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil penilaian atau asesmen. PPA difokuskan untuk pembelajaran dan asesmen intrakurikuler, sedangkan panduan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila disampaikan dalam dokumen terpisah.

Berikut ini secara lengkap Panduan Pembelajaran dan Asesmen:


Ā 

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top