Optimalkan Potensi Siswa: MAN 2 Bantul Laksanakan Program Persiapan UTBK

Bantul (MAN 2 Bantul) – MAN 2 Bantul telah meluncurkan program bimbingan belajar persiapan UTBK bagi siswa kelas XII yang bercita-cita masuk perguruan tinggi. Program ini merupakan upaya konkret untuk meningkatkan kesiapan siswa menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang merupakan salah satu syarat penting dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi.

Program bimbingan belajar ini telah diselenggarakan sejak semester 1 pada bulan November dengan frekuensi pelaksanaan dua kali seminggu. Namun, menjelang hari pelaksanaan UTBK, bimbingan tersebut ditingkatkan menjadi dilaksanakan setiap hari. Hal ini sebagai bentuk komitmen MAN 2 Bantul untuk memberikan dukungan maksimal kepada siswa dalam mencapai hasil yang optimal dalam ujian tersebut.

Kegiatan bimbingan belajar ini dipimpin oleh Karlina, S. Psi, seorang koordinator Bimbingan Konseling (BK) yang berpengalaman. Dengan dukungan penuh dari Kepala Madrasah, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M, kegiatan ini berhasil terselenggara dengan baik. Kepala Madrasah secara aktif mendukung pelaksanaan kegiatan persiapan UTBK di MAN 2 Bantul, menunjukkan keseriusan dan komitmen dalam memberikan fasilitas yang memadai untuk siswa.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di ruang kelas XII, yang telah disiapkan secara khusus untuk mendukung proses pembelajaran siswa. Respons dari siswa terhadap kegiatan ini sangat positif, mereka merasa senang dengan program madrasah dalam memberikan bimbingan belajar yang intensif. Hal ini juga merupakan wujud dari kerjasama antara BK dengan wakil kepala bidang kurikulum, Fitria Endang Susana, S.Pd., M.Pd.

Fitria Endang Susana, S.Pd., M.Pd selaku Waka bidang kurikulum, menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan persiapan siswa MAN 2 Bantul dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Semoga dengan adanya program ini, jumlah siswa dan siswi yang berhasil masuk perguruan tinggi dari MAN 2 Bantul dapat meningkat dari tahun sebelumnya, menjadi bukti nyata dari keberhasilan program bimbingan belajar yang telah dilakukan.

Pendaftaran untuk Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) telah ditutup sejak tanggal 5 April 2024 pukul 15.00 WIB. Berdasarkan informasi yang diambil dari akun Instagram resmi SNPMB BPPP, pada tanggal 3 April 2024, jumlah pendaftar UTBK SNBT telah mencapai 633.144 siswa. Setelah melewati proses pendaftaran, para siswa akan segera mengikuti UTBK yang akan diselenggarakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dijadwalkan pada tanggal 30 April dan 2-7 Mei 2024, sementara gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 20 Mei 2024. Hasil dari ujian tersebut dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2024. (sapti_w)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?