Bantul (MAN 2 Bantul) – Supervisi akademik adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk dalam pengajaran bahasa Inggris. Di MAN 2 Bantul, supervisi ini diarahkan untuk mengembangkan kompetensi guru bahasa Inggris agar mereka dapat mengoptimalkan pembelajaran literasi bahasa. Supervisi terhadap guru Bahasa Inggris, H. Muhammad Sukron, S.Pd. dilakukan pada Kamis (10/10/24). Kegiatan supervisi terhadap guru mata pelajaran dilakukan secara teratur, melibatkan kepala madrasah dan tim pengembangan kurikulum. Tujuan dari supervisi ini adalah memberikan bimbingan kepada guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang efektif, mengelola kelas, dan mengevaluasi hasil belajar siswa. Supervisi yang tepat diharapkan mampu membantu guru mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan metode pengajaran yang mereka gunakan.
Nur Hasanah Rahmawati, Kepala MAN 2 Bantul, menjelaskan bahwa salah satu aspek utama yang ditekankan dalam supervisi ini adalah penguasaan teknik pembelajaran berbasis literasi. Literasi bahasa Inggris mencakup kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. “Selama supervisi, guru diajak berkolaborasi untuk merancang aktivitas pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.” ujarnya.
Nur Hasanah juga menekankan pentingnya penggunaan media digital, permainan, dan diskusi kelompok dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Supervisi juga bertujuan untuk mendorong integrasi teknologi dalam pembelajaran, seperti penggunaan video, aplikasi, dan platform online. Hal ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga memfasilitasi pembelajaran jarak jauh yang bisa menjadi kebutuhan di masa depan.
Evaluasi hasil belajar siswa menjadi fokus penting dalam supervisi akademik. Guru diharapkan menggunakan beragam metode penilaian, tidak hanya terbatas pada ujian tertulis. Penilaian autentik, seperti proyek, presentasi, dan portofolio, memberi gambaran yang lebih menyeluruh tentang kemampuan bahasa Inggris siswa. Dengan metode ini, guru dapat memahami lebih baik perkembangan siswa dalam semua aspek keterampilan berbahasa.
Di MAN 2 Bantul, supervisi akademik bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan inovatif. Dengan bimbingan yang tepat, guru diharapkan lebih percaya diri dalam menerapkan metode pengajaran baru yang efektif. Ini diharapkan tidak hanya membantu siswa mencapai kompetensi bahasa yang diinginkan, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mengaplikasikan keterampilan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Secara keseluruhan, supervisi akademik di MAN 2 Bantul adalah langkah strategis untuk meningkatkan pembelajaran literasi bahasa Inggris. Dengan adanya kerjasama yang baik antara guru, pengawas, dan sekolah, diharapkan siswa dapat berkembang menjadi generasi yang kompeten dalam bahasa Inggris serta siap bersaing di tingkat global. (atik)