Pedoman Pembuatan Alat Peraga Fisika dan Praktikum: Pemanfaatan Gaya Lorentz dalam Pembelajaran

Buku ini merupakan salah satu karya dalam bidang pendidikan yang fokus pada pembuatan dan penggunaan alat peraga Gaya Lorentz dalam pembelajaran fisika. Buku ini merupakan hasil kerja sama antara Pusat Pengembangan Profesi Guru (P3G) Jawa Timur dan penerbit Delta Pustaka, yang berfokus pada pelatihan penulisan buku.

Buku ini merupakan cerminan dari pengalaman penulis dalam mengajar fisika dengan memanfaatkan alat peraga. Dalam buku ini, akan diuraikan proses pembuatan alat peraga Gaya Lorentz serta penerapannya dalam pembelajaran fisika. Selain itu, buku ini juga menyajikan panduan lengkap tentang cara membuat alat peraga fisika lainnya secara sederhana, menggunakan bahan-bahan bekas yang mudah didapatkan. Buku ini juga dilengkapi dengan petunjuk praktikum fisika yang dapat membantu dalam pemahaman konsep-konsep fisika secara praktis.

Buku ini merupakan karya yang  yang ditulis oleh Iksan Taufik Hidayanto, S.Pd. (Guru Fisika MAN 2 Bantul). Prestasi yang mengesankan dalam bidang pendidikan pernah diraihnya, yaitu:

  1. Mendapatkan penghargaan dari Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) kategori Science Education Award (SEA) pada tahun 2010.
  2. Juara 3 Lomba Media Pembelajaran Bagi Guru Madrasah Aliyah Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta 2014 yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag D.I. Yogyakarta. (baca: Pemenang Lomba Media Pembelajaran dan Guru Fisika Juara 3 )

Dengan pengalaman dan prestasi yang dimilikinya, buku  ini dapat dianggap sebagai sumber referensi yang sangat berharga dalam pembelajaran fisika. Buku ini menggabungkan pengetahuan mendalam dalam bidang fisika dengan pengalaman praktis dalam mengajar, yang akan sangat bermanfaat bagi guru-guru dan pendidik lainnya yang berminat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika. Diharapkan bahwa buku ini akan menjadi sumber referensi yang sangat berguna bagi para guru fisika yang ingin membuat alat peraga sendiri untuk mendukung proses pembelajaran mereka.

 

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?