Antusiasme Silaturahmi Siswa XI IPS 1 MAN 2 Bantul: Kekuatan Hubungan Emosional dengan Wali Kelas

Bantul (MAN 2 Bantul) – Silaturahmi yang dilakukan oleh siswa kelas XI IPS 1 MAN 2 Bantul merupakan wujud dari kekuatan ikatan antara murid dan wali kelasnya. Meskipun hujan deras mengguyur, antusiasme mereka tidak surut. Momen lebaran menjadi waktu yang sangat tepat untuk mempererat hubungan tersebut.

Derasnya hujan tak menyurutkan siswa kelas XI IPS 1 untuk silaturahmi ke rumah Mas Indah Murdaningrum, S.Pd. di Dusun Brongkol Sidomulyo Godean Sleman pada Minggu sore (14/04/2024) yang tidak lain merupakan wali kelas XI IPS 1.

Saat lebaran tiba, siswa menunjukkan kekuatan emosional yang luar biasa terhadap wali kelas mereka. Walaupun pihak madrasah telah mengumumkan adanya acara halalbihalal di madrasah setelah libur lebaran, namun mereka masih tetap menyambangi rumah wali kelas masing-masing dengan penuh semangat. Tingginya antusiasme siswa ini tercermin dari jumlah siswa yang ikut serta dalam kegiatan silaturahmi tersebut.

Keutamaan dari amalan bersilaturahmi di antaranya dapat memperpanjang umur serta melapangkan rezeki. Terkait substansi silaturahmi, Muhammad Quraish Shihab dalam buku Membumikan Al-Qur’an: Peran dan Fungsi Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat mengungkapkan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:
“Bukanlah bersilaturhmi orang membalas kunjungan atau pemberian, tetapi yang bersilaturahmi adalah yang menyambung apa yang putus.” (HR Bukhari)

Dari Sabda Nabi Muhammad tersebut, jelas termaktub bahwa silaturahmi menyambung apa yang telah putus dalam hubungan hablum minannas.

Manusia tidak terlepas dari dosa maupun kesalahan sehingga menyebabkan putusnya hubungan. Di titik inilah silaturahmi mempunyai peran penting dalam menyambung kembali apa-apa yang telah putus tersebut.

Lebaran merupakan momen yang paling tepat jika di hari-hari lain belum mampu menyambungkan apa yang telah putus. Energi kembali ke fitri turut mendorong manusia untuk berlomba-lomba mengembalikan jiwanya pada kesucian. Idul Fitri-lah yang mampu melakukannya.

Sambil menikmati hidangan yang disajikan, siswa-siswa berbincang-bincang dengan santai, diselingi dengan canda dan tawa yang membuat suasana semakin hangat. Keterikatan antara mereka semakin kuat saat mereka berjamaah untuk melaksanakan sholat magrib dan isya. Rahmad Afian Nur Fajri, sebagai perwakilan teman-temannya, menyampaikan ikrar syawalan dan meminta doa dari wali kelas untuk kesuksesan studi mereka. Mas Indah M, sebagai tuan rumah, merasa senang atas kehadiran para siswa dan merespons ikrar tersebut dengan memberikan sedikit wejangan. “Saya sangat berterima kasih kepada semua muridku yang telah mempercayai saya sebagai wali kelas selama hampir dua tahun ini. Saya berharap agar kalian semua menjadi individu yang cerdas dan berbudi pekerti. Mohon maaf jika selama ini ada kesalahan baik yang disengaja maupun tidak, semoga kesuksesan selalu menyertai kalian di mana pun berad,” ujar Mas Indah.

Di akhir silaturahmi anak-anak kelas XI IPS 1 MAN 2 Bantul melakukan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan dan berpamitan dengan membawa rasa kebersamaan yang semakin kuat dan rasa syukur yang mendalam atas momen yang telah mereka bagikan bersama. Silaturahmi ini berhasil menciptakan memori yang tak terlupakan bagi semua siswa, serta mengukuhkan komitmen mereka untuk terus menjaga hubungan yang erat antar siswa kelas XI IPS 1 MAN 2 Bantul dan wali kelas. (MasInd)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?