Tim Pengembang Kurikulum MAN 2 Bantul Adakan Review Kurikulum

Bantul (MAN 2 Bantul) – Tim Pengembang Kurikulum di MAN 2 Bantul telah memulai evaluasi terhadap kurikulum mereka sebagai langkah penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini sebagai bagian dari upaya MAN 2 Bantul untuk memberikan pendidikan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era modern. Review kurikulum dilaksanakan pada Jumat (3/5/24) di Aula MAN 2 Bantul.

Dalam penyampaiannya, Kepala MAN 2 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, menekankan bahwa proses evaluasi kurikulum ini sangat penting untuk memastikan kualitas pendidikan yang diberikan kepada siswa tetap terjaga. Dia menggarisbawahi pentingnya kurikulum yang tidak hanya sesuai dengan perkembangan zaman tetapi juga dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi persaingan global. Nur Hasanah Rahmawati menegaskan komitmen MAN 2 Bantul untuk memberikan pendidikan terbaik bagi siswa mereka, yang tercermin dalam proses evaluasi ini.

Dalam proses evaluasi, tim pengembang kurikulum bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk guru, siswa, orang tua, dan tenaga pendidik lainnya. Tujuannya adalah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kurikulum yang ada, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan, serta mencari peluang untuk perbaikan dan pengembangan.

Salah satu fokus utama evaluasi kurikulum adalah meningkatkan relevansi dengan perkembangan zaman dan tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks. Tim pengembang kurikulum berusaha untuk memastikan kurikulum tidak hanya mencakup aspek akademis tetapi juga mengintegrasikan keterampilan abad 21 yang penting untuk sukses di masa depan, seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.

Tim pengembang kurikulum juga memperhatikan pengembangan karakter siswa sebagai bagian integral dari kurikulum. MAN 2 Bantul berusaha untuk membentuk generasi muda dengan integritas moral yang tinggi, dengan menekankan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, dan kepedulian sosial.

Evaluasi kurikulum juga mencakup program-program ekstrakurikuler dan kegiatan ko-kurikuler. Tim pengembang kurikulum akan memastikan bahwa program-program tersebut memberikan pengalaman belajar menyeluruh dan mencakup berbagai aspek pengembangan siswa, baik dari segi akademik maupun non-akademik.

Dalam evaluasi kurikulum kali ini, MAN 2 Bantul telah mengumumkan pengembangan visi pendidikan baru yang menekankan nilai-nilai antikorupsi, antigratifikasi, ramah anak, dan ramah lingkungan. Tujuannya adalah membentuk siswa yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan kesadaran sosial yang tinggi.

Salah satu aspek utama dari visi pendidikan baru ini adalah memberdayakan siswa sebagai agen perubahan positif dalam masyarakat. Dengan memasukkan nilai-nilai antikorupsi dan antigratifikasi dalam visi pendidikan, MAN 2 Bantul bertujuan untuk membentuk generasi muda yang jujur dan bertanggung jawab di masa depan.

MAN 2 Bantul juga menekankan pentingnya pendidikan yang ramah anak, di mana hak-hak anak dihormati dan diperjuangkan. Melalui program-program pembelajaran inklusif dan penekanan pada keadilan sosial, MAN 2 Bantul berusaha menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung perkembangan optimal setiap siswa.

Pelestarian lingkungan juga menjadi prioritas dalam visi pendidikan baru MAN 2 Bantul. Sekolah berkomitmen untuk menjadi lembaga pendidikan yang ramah lingkungan, dengan mengintegrasikan pembelajaran tentang keberlanjutan dan konservasi alam ke dalam kurikulum serta menerapkan praktik-praktik ramah lingkungan di seluruh aktivitas madrasah.

Setelah proses evaluasi selesai, tim pengembang kurikulum akan menyusun rekomendasi perubahan yang kemudian akan diajukan kepada pihak terkait untuk dipertimbangkan lebih lanjut. Harapannya, langkah ini akan membawa MAN 2 Bantul menuju pendidikan yang lebih adaptif dan relevan dengan tuntutan zaman, sehingga siswa-siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan masa depan. (Fitria)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?