Penyelidikan Praktis Hukum Toricelli dalam Pengajaran Fisika di Luar Kelas

Bantul (MAN 2 Bantul) – Hukum Toricelli adalah hasil dari pengembangan Hukum Bernoulli yang mempelajari korelasi antara kecepatan fluida dan tekanan yang dihasilkan olehnya. Teori Toricelli adalah formulasi untuk menggambarkan aliran fluida yang jatuh dari ketinggian tertentu dengan mengabaikan faktor resistensi. Contohnya adalah ketika ada sebuah tangki yang berisi air yang disimpan pada tinggi tertentu, dan kemudian tangki tersebut memiliki lubang yang memungkinkan air untuk keluar dari lubang tersebut dengan kecepatan tertentu.

Seorang guru Fisika dari MAN 2 Bantul, yaitu Tujilah, S.Pd., telah melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas yang mengenalkan konsep penerapan Hukum Bernoulli yang dikenal sebagai Hukum Toricelli pada Selasa ( 20/9/22). Dalam kegiatan ini, dia menggunakan pipa paralon yang dilengkapi dengan lubang pada tinggi tertentu. Tujuan utama dari pembelajaran ini adalah untuk mengajak peserta didik mengamati bagaimana air mengalir keluar dari lubang tersebut.

Dalam proses pembelajaran ini, peserta didik diminta untuk mengumpulkan data, termasuk tinggi lubang, waktu jatuh, dan jarak pancaran air. Data-data ini kemudian digunakan untuk menganalisis dengan menggunakan persamaan teori Toricelli, sehingga dapat menghitung kecepatan pancar air dan jarak pancar yang dihasilkan. Dengan demikian, mereka dapat membandingkan hasil perhitungan dengan jarak sebenarnya yang air dapat mencapai setelah keluar dari lubang. (ith)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?