Meniti Jejak Budaya: Siswa Kelas 10 MAN 2 Bantul Mengakhiri Outing Class dengan Kunjungan ke Museum Ullen Sentalu

Bantul (MAN 2 Bantul) – Siswa-siswa kelas 10 MAN 2 Bantul mengakhiri kegiatan outing class mereka dengan kunjungan yang mengesankan ke Museum Ullen Sentalu di kawasan Kaliurang pada hari Rabu (11/10/23) setelah kunjungan dariĀ  Museum Geoteknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta dan UPT Logam. Museum Ullen Sentalu ini memainkan peran penting dalam mempertahankan budaya dan sejarah yang kaya dari Yogyakarta. Dalam museum ini banyak mengisahkan peradaban kerajaan Mataram yang terpecah menjadi empat keraton di Solo dan Yogyakarta, yaitu Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaraan, dan Kadipaten Pakualaman

Museum Ullen Sentalu, yang didirikan atas inisiatif dari keluarga Haryono dan Yayasan Ulating Blencong dengan dukungan pemerintah Yogyakarta, mengusung nama yang bersumber dari pepatah Jawa, “Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku.” Yang bermakna :” Terang adalah penuntun jalan kehidupan”. Konsep ini menggambarkan makna nyala lampu blencong sebagai petunjuk bagi manusia dalam menjalani dan mengarungi kehidupan. Museum ini telah dirancang dengan tujuan sebagai pengingat akan jati diri, budaya, dan sejarah yang membentuk kerajaan Mataram di masa lalu.

Museum ini resmi diresmikan pada tanggal 1 Maret 1997 oleh KGPAA Paku Alam VIII, sejak saat itu menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Yogyakarta. Terletak di dataran tinggi pegunungan Sleman, museum ini menawarkan lingkungan yang sejuk dengan suhu berkisar antara 15 hingga 25 derajat Celsius.

Keindahan lokasinya yang terletak di lereng Gunung Merapi dan dikelilingi oleh pepohonan memberikan museum ini ketenangan dan kedamaian. Kawasan museum sering dijuluki sebagai “Ndalem Kaswargan” atau “Rumah Surga” karena suasana damai yang tersaji di dalamnya. Ketika kita memasuki ruangang demi ruangan di museum, kita dilarang untuk memotret dan merekam mendokumentasikan benda-benda bersejarah yang terpajang di museum. Boleh berfoto merekan ketika sudah keluar dari ruangan museum.

 

Kepala MAN 2 Bantul, Drs. H. Ulul Ajib, M.Pd., mengungkapkan, “Kunjungan ke Museum Ullen Sentalu adalah pengalaman yang sangat berharga bagi siswa kami. Ini memungkinkan mereka untuk lebih memahami sejarah, budaya, dan kekayaan warisan yang kita miliki di Yogyakarta. Kami berharap pengalaman ini akan menginspirasi mereka untuk tetap mencintai dan memelihara nilai-nilai budaya kita.” ujarnya.

Kunjungan ke Museum Ullen Sentalu menutup kegiatan outing class yang penuh makna bagi siswa-siswa MAN 2 Bantul. Mereka pulang dengan pemahaman yang lebih dalam tentang warisan budaya dan sejarah Yogyakarta serta kenangan tak terlupakan yang akan mereka simpan sepanjang hidup. (ith)

Berita kegiatan outing class dapat di baca di:

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?