Film Pendek dalam Pembelajaran: Meningkatkan Motivasi Siswa

Bantul (MAN 2 Bantul) – Motivasi berperan sebagai pemicu perubahan energi dalam diri siswa. Dengan memberikan dorongan yang tepat dan relevan, siswa bisa memahami tujuan serta keuntungan yang ingin dicapai melalui proses pembelajaran. Tingkat motivasi yang tinggi selama proses belajar dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Motivasi dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menggabungkan pembelajaran dengan menonton film pendek atau short movie.

Pada hari Senin (17/1/2022), salah satu mata pelajaran kelas XI MIPA 1 adalah Al-Qur’an Hadits. Topik yang dibahas adalah tanggung jawab dalam menjaga amanah. Sebelum menyampaikan materi, siswa diberikan rangsangan awal (apersepsi) dan dorongan motivasi. Kemudian, siswa menonton film pendek berjudul “Menjaga Sekeping Amanah” dengan durasi 12 menit. Cerita dalam film ini menceritakan perjuangan Kudrat, seorang siswa yang bertugas untuk mengantarkan uang infak kepada penerima yang ditunjuk. Namun, dalam perjalanannya, uang tersebut terjatuh dan Kudrat berusaha keras untuk mengembalikannya, melewati berbagai rintangan dari jalan-jalan perkotaan hingga hutan dengan kakinya yang terluka.

“Gagasan di balik menonton film ini adalah agar siswa lebih mudah menangkap informasi dan materi yang diajarkan serta mendapatkan motivasi untuk mengaplikasikan perilaku yang ditunjukkan oleh karakter dalam film,” kata Ken Ayu Kartikaningrum, S.Ag., salah satu guru Al-Qur’an Hadits.

Setelah menyelesaikan pemutaran film pendek tersebut, siswa diajak berdiskusi terkait materi tersebut. Menurut Indra, yang juga merupakan siswa kelas XI MIPA 1 dan menjabat sebagai ketua Rohis di MAN 2 Bantul, ia berpendapat bahwa pembelajaran yang diselenggarakan dengan suasana yang menyenangkan dapat membantu penyampaian materi kepada siswa. “Jam terakhir adalah waktu yang cukup berat bagi kami, kami merasa cukup lelah setelah belajar sejak pagi. Namun, ketika pembelajaran diiringi dengan menonton film, kami lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Selain mendapatkan pemahaman materi, kami juga merasa terhibur,” ujarnya. (ken)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?