Awali Pembelajaran Semester Genap, MAN 2 Bantul Gelar Khataman Al-Qur’an

Bantul (MAN 2 Bantul) – Awal tahun baru menjadi penanda dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) semester genap setelah menikmati libur akhir semester. Dalam rangka mengawali kegiatan pembelajaran, masing-masing satker pendidikan memulai dengan beragam aktivitas salah satunya dengan mengadakan Khataman al-Qur’an. MAN 2 Bantul mengawali kegiatan semester genap dengan menyelenggarakan khataman al-Qur’an di Masjid at-Ta’awun pagi tadi Selasa (02/01/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh segenap elemen madrasah mulai siswa hingga jajaran guru ini dilaksanakan dengan sistem muqoddaman.  Muqoddaman merupakan sistem membaca al-Qur’an secara bi an-Nadzri yang masing-masing peserta mendapatkan bagian satu juz. Setiap guru maupun siswa membaca al-Qur’an sesuai dengan pembagian yang telah ditentukan. Kegiatan tersebut dipandu oleh Kanit Keagamaan Drs. Mubtadi’in dengan memulai membaca tawassul, membaca al-Qur’an, tahlil hingga do’a. Sebelum kegiatan dimulai, Mubtadi’in juga menghimbau serta memotivasi siswa agar menghadirkan ketenangan dan kekhusyukan ketika melantunkan ayat-ayat suci al-Qur’an. Selain itu, Mubtai’in juga menambahkan bahwa setiap individu perlu menyadari dan muhasabah agar tidak banyak bergaya (sombong) sebab yang kita miliki hanya jasad. Sedangkan ketika ruh yang menempel di jasad telah tiada, maka tidak ada kehidupan.

Penyelenggaraan kegiatan khataman al-Qur’an tersebut selain membuka pembelajaran awal semester juga bertepatan dengan awal tahun diharapkan mampu memberikan perubahan bagi MAN 2 Bantul. Hal ini melihat sikap dan perilaku keluarga MAN 2 Bantul yang belum dilandasi dengan jiwa Qur’ani. “Semoga dapat memberikan perubahan dalam diri pribadi keluarga MAN 2 Bantul agar dijiwai dengan perilaku yang Qur’ani,” ujar Mubtai’in. “Oleh karena itu, harapannya khataman al-Qur’an ini dapat membuka dan melapangkan hati kita agar selalu ingat, berpikir, berucap dan berakhlak seperti al-Qur’an,” imbuhnya.(Laras/X.4)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?