Refreshing dan Belajar, Siswa MAN 2 Bantul Ekspresikan Jiwa seni Melalui Kegiatan Ekstra Seni Karawitan.

Bantul-(MAN2Bantul) Seni adalah salah satu wadah untuk mengekspresikan diri. Dengan melalui jalur seni seseorang dapat membuat suatu karya, mengekspresikan diri bahkan seni dapat menjadi  obat terapi sekaligus makanan jiwa bagi sebagian besar orang yang berkecipung atau memiliki kecintaan khusus didunia seni tersebut. Selain itu dengan melakukan kegiatan berkesenian seseorang dapat menyelami potensi diri dan menggali bakat terpendam pada diri.

Seni karawitan adalah salah satu pilihan pada program kegiatan ekstrakulikuler di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bantul. Meski Seni karawitan ini merupakan seni tradisi yang sudah melewati beberapa zaman namun nampaknya seni yang satu ini tetap bisa menjadi idola bagi para generasi milenial dan generasi z. hal ini terbukti dengan banyaknya siswa MAN 2 bantul yang menjadi peminat dalam kegiatan Ekstra seni karawitan. Pada Selasa (6/2/2024) siswa MAN 2 bantul  mengikuti kegiatan ekstra yang bertempat di kelurahan sabdodadi ini.

Meski kegiatan ekstra dilakukan setelah KBM atau sepulang sekolah namun nampaknya para siswa tetap bersemangat untuk mengikuti kegiatan seni yang sudah mendapatkan gelar MASTERPIECE dan diakui oleh UNESCO ini. Dengan dibimbing oleh Riyadi Setyawan S.Sn selaku guru pendamping keiatan ekstra Seni Karawitan sekaligus guru mapel Seni Budaya di MAN 2 Bantul, siswa-siswi  Madrasah yang beralamat di Jl. Parangtritis KM 10,5 ini rutin mengikuti kegiatan ekstra seni. Menurut jangkung salah satu siswa yang aktif dan selalu hadir pada kegiatan ekstra tersebut ia sangat senang saat mengikuti ekstra karawitan. Selain diajari tehnik dan lagu tradisi tak jarang siswa juga dijelaskan tentang makna gamelan yang menjadi salah satu media penyebaran agama oleh para wali ini. Bahkan terkadang siswa juga bisa meriques materi atau lagu baru yang sedang viral untuk dipelajari dan disajikan dengan media gamelan. “saya pernah meminta diajari lagu taman njurug yang sedang viral di youtube dan ternyata benar-benar diajari dan bisa disajiakn dengan gamelan” ujarnya di MAN 2 Bantul. (Rys)

 

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?