Bantul (MAN 2 Bantul) – Pada Senin (3/11/2025), dua mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melaksanakan pembelajaran lapangan fokus pada pengelolaan arsip surat masuk, surat keluar, serta Surat Keputusan (SK) di bagian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) MAN 2 Bantul.
Pelaksanaan kegiatan bertempat di ruang PTSP MAN 2 Bantul dan diikuti oleh dua mahasiswa, yaitu Nasywa Fathiya Rahma dan Fara Salsabila. Keduanya terlibat langsung dalam proses penataan dan penyusunan arsip administrasi sekolah, yang diklasifikasikan berdasarkan tahun, bulan, serta urutan tanggal surat diterima maupun diterbitkan.
Melalui praktik lapangan ini, mahasiswa memperoleh pengalaman nyata tentang pentingnya sistem kearsipan yang teratur, efisien, dan mudah diakses sebagai bagian dari penerapan manajemen sekolah yang profesional. Kegiatan tersebut juga menjadi media pembelajaran kontekstual tentang bagaimana tata kelola administrasi berjalan di lingkungan pendidikan melalui sistem PTSP yang terintegrasi.
Kepala MAN 2 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut.
āKami sangat mengapresiasi mahasiswa MPI UIN Sunan Kalijaga yang telah berkontribusi dalam penataan arsip di layanan PTSP. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman administrasi, tetapi juga menanamkan nilai disiplin dan tanggung jawab yang penting dalam dunia kerja pendidikan,ā ujarnya.
Sementara itu, Nasywa Fathiya Rahma menuturkan bahwa kegiatan ini memberinya pemahaman baru tentang pentingnya pengelolaan dokumen yang sistematis.
āKami belajar bagaimana setiap dokumen diatur dengan rapi dan akurat sehingga pelayanan administrasi dapat berjalan lebih cepat dan efisien. Ini menjadi pengalaman berharga bagi kami sebagai calon tenaga manajerial pendidikan,ā ungkapnya.
Melalui kegiatan pembelajaran lapangan ini, mahasiswa diharapkan semakin memahami peran penting manajemen arsip dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Penataan arsip yang baik mendukung prinsip transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas kerja di lingkungan madrasah.






