MAN 2 Bantul Adakan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan

Bantul (MAN 2 Bantul) – Madrasah Aliyah Negeri 2 Bantul laksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan atau yang kerap disebut LDK. kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (11/10/23) di Aula MAN 2 Bantul. Latihan Dasar Kepemimpinan merupakan pelatihan dasar yang mencakup berbagai hal mengenai kepemimpinan. Tujuan diadakan LDK, antara lain untuk meningkatkan mutu kerja siswa dalam berorganisasi serta memberikan motivasi guna program kerja yang lebih berkualitas.

Kegiatan LDK ini dihadiri oleh staff Waka dan juga pembina OSIS MAN 2 Bantul serta peserta LDK yang merupakan anggota organisasi MAN 2 Bantul antara lain OSIS, Dewan Ambalan, Rohis, PMR, dan juga Mandaba Creative yang merupakan tim IT MAN 2 Bantul. Acara dibuka dengan pengarahan oleh Is Dwiyanti selaku Waka Kesiswaan MAN 2 Bantul, disambung dengan materi kesekretariatan oleh Ibu Sumardiasih S.Pd. Pada materi kesekretariatan ini Sumardiasih menjelaskan mengenai proposal dan surat menyurat. Materi ini sangat penting guna pengajuan proposal dalam rangka rancangan event madrasah. Peserta LDK menyimak materi yang diberikan dan terlibat dalam diskusi untuk memahami lebih dalam mengenai topik tersebut.

Setelah sesi kesekretariatan, dilanjutkan dengan materi leadership dan public speaking yang dibawakan oleh Aurel selaku ketua OSIS MAN 1 Yogyakarta periode 2022/2023. Dalam diskusi ini Aurel memberikan motivasi serta wawasan mengenai keterampilan kerja dan juga komunikasi yang efektif serta prinsip dasar dalam berorganisasi. Aurel juga mengajak diskusi mengenai SWOT yang membahas tentang kelebihan dan kekurangan diri serta kesempatan dan ancaman yang akan didapat jika kita memiliki kelebihan dan kekurangan tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan program kerja yang dipandu oleh ketua dan wakil ketua OSIS MAN 2 Bantul periode 2023/2024. Program kerja merupakan hasil diskusi dari anggota organisasi masing-masing dan dipresentasikan oleh salah satu perwakilan. Dengan adanya diskusi program kerja ini, organisasi MAN 2 Bantul  dapat mengadakan kerjasama di berbagai event Madrasah. Kegiatan LDK ini tidak hanya untuk meningkatkan kinerja organisasi semata, tetapi juga menjadi salah satu wadah untuk menyatukan organisasi yang terdapat di MAN 2 Bantul. Staff Kesiswaan, Arif Setiawan mengatakan “Semoga dengan adanya kegiatan LDK ini organisasi di MAN 2 Bantul tetap kompak seperti tahun tahun sebelumnya. Dipertahankan selalu dan jangan sampai terpecah belah. Diharapkan kinerja siswa siswi dapat lebih berkualitas.” Senada dengan hal tersebut, Ketua OSIS periode 2022/2023, Syakila juga mengatakan “Dijaga selalu kekompakan nya, organisasi ini menjadi rumah kedua kalian dan ditingkatkan lagi semangat kerja dalam ber organisasi.”(Raisa/XI MIPA)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?