Transformasi Pembelajaran IPA melalui Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek pada Kegiatan Budiksamber di MTsN 3 Bantul

Penelitian ini bertujuan untuk mentransformasi pembelajaran IPA melalui penerapan Project-Based Learning (PjBL) dalam kegiatan budidaya ikan dan sayur dalam ember (Budiksamber) di MTsN 3 Bantul. Penelitian ini melibatkan kelas 9A yang terbagi dalam 10 kelompok, masing-masing terdiri dari 3 siswa, untuk mengevaluasi dampak PjBL terhadap minat belajar serta keterampilan wirausaha siswa. Desain penelitian menggunakan pra-eksperimen dengan angket minat belajar sebelum dan sesudah penerapan PjBL. Rata-rata skor minat belajar siswa meningkat dari 65 menjadi 78, dengan nilai t = 3,21 dan signifikansi 0,003. Setiap kelompok memanen kangkung dan lele, yang kemudian dijual kepada guru dan karyawan, sehingga siswa juga belajar tentang keterampilan wirausaha. Pengukuran pH air dilakukan secara berkala untuk menjaga kualitas budidaya. Hasil menunjukkan bahwa PjBL secara signifikan meningkatkan minat belajar, keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan wirausaha. PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkaya pembelajaran IPA yang kontekstual.

Selengkapanya bisa dibaca pada file berikut:

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top