Bantul (MAN 2 Bantul) – Tim Pengembang Kurikulum MAN 2 Bantul menggelar pertemuan untuk membicarakan Analisis Konteks dalam Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) pada Kamis (18/4/24) di Aula MAN 2 Bantul.
Dalam sambutannya, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., selaku Kepala Madrasah dan penanggung jawab, menjelaskan bahwa Tim Pengembang Madrasah adalah pihak pertama yang harus memahami Kurikulum Operasional Madrasah (KOM). Beliau juga menyarankan agar dalam KOM dimasukkan konsep Madrasah Ramah Anak dan Ramah Lingkungan, Madrasah Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), Madrasah Digital, dan Madrasah Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK).
Isu utama yang dibahas adalah perlunya integrasi teknologi dalam kurikulum. Mereka menyepakati bahwa madrasah technopreneur perlu memperbarui kurikulum mereka agar mencakup pembelajaran yang relevan dengan perkembangan teknologi. Langkah ini dianggap penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan pasar kerja yang semakin dipengaruhi oleh teknologi.
Tak hanya itu, pentingnya pengembangan keterampilan wirausaha juga menjadi perhatian utama. Di zaman di mana inovasi dan kewirausahaan memainkan peran sentral dalam kesuksesan, MAN 2 Bantul menganggap penting memberikan siswa kesempatan untuk mengasah keterampilan mereka dalam merancang dan mengelola bisnis. Hal ini akan memungkinkan lulusan menjadi agen perubahan yang kreatif dan berani dalam mewujudkan ide-ide mereka.
Selain itu, pengembangan karakter siswa juga menjadi fokus serius dalam analisis konteks kurikulum. Di MAN 2 Bantul, pendidikan tidak hanya berkaitan dengan penguasaan pengetahuan teknis, tetapi juga tentang pembentukan kepribadian yang berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki jiwa sosial. Dengan menyertakan nilai-nilai seperti kerja sama, etika, dan kepemimpinan dalam kurikulum, madrasah ini bertekad untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya terampil secara teknis, tetapi juga berkomitmen pada kebaikan sosial.
Dengan tekad yang kuat dan kerjasama antara semua pemangku kepentingan, MAN 2 Bantul bertekad untuk maju sebagai lembaga pendidikan yang menerima dan menerapkan inovasi, teknologi, dan karakter dalam proses pendidikan mereka. (umi)