Membangun Masa Depan Melalui Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 2 Bantul

Bantul (MAN 2 Bantul) РDi era yang terus berkembang dengan cepat, pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan. Salah satu inovasi dalam dunia pendidikan adalah Kurikulum Merdeka, yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan kemampuan adaptif peserta didik. Dalam upaya mengimplementasikan konsep ini, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bantul dengan antusias mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Rabu РKamis, 12 Р13 Juli 2023 bertempat di Aula MAN 2 Bantul. Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan pendidik dan tenaga kependidikan  agar mampu mengintegrasikan Kurikulum Merdeka dengan baik dalam proses pembelajaran. Narasumber dalam workshop ini adalah Yakun Paristri., M. Pd. (SMA 2 Bantul), Heni Prilantari, M. Pd. (Pengawas Madrasah Kankemenag Bantul)

Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Bantul,¬† Drs. H. Ulul Ajib, M.Pd. menjelaskan pentingnya Kurikulum Merdeka sebagai upaya untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan kemampuan adaptasi peserta didik dalam menghadapi tantangan masa depan. “Kurikulum Merdeka memberikan ruang lebih besar bagi guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan minat peserta didik.” tegasnya.

Hari pertama (Rabu, 12/7/23) pelaksanaaan workshop diisi oleh narasumber Ibu Yakun Paristri., M. Pd. (SMA 2 Bantul). Beliau memaparkan tentang konsep dasar, prinsip, dan strategi dalam mengintegrasikan Kurikulum Merdeka ke dalam proses pembelajaran. Juga menjelaskan bahwa Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran berbasis proyek, pemecahan masalah, dan pengembangan keterampilan abad ke-21.

Guru-guru MAN 2 Bantul bersemangat tinggi mengikuti workshop IKM

Hari kedua (Kamis, 13/7/23) pelaksanaaan workshop diisi oleh narasumber  Heni Prilantari, M. Pd. (Pengawas Madrasah Kankemenag Bantul) dengan pemaparan Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar. Workshop hari kedua ini guru-guru diajak untuk merancang dan mengembangkan rencana pembelajaran berbasis proyek yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Para peserta mendapatkan bimbingan dari narasumber dan memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dalam merancang kurikulum yang menarik dan relevan bagi peserta didik.

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 2 Bantul merupakan langkah penting dalam mewujudkan pendidikan yang adaptif dan relevan bagi peserta didik. Dengan memperkenalkan konsep Kurikulum Merdeka kepada guru-guru, diharapkan dapat membantu meningkatkan pembelajaran yang berfokus pada kreativitas, inovasi, dan kemampuan peserta didik dalam menghadapi masa depan.

Workshop ini bukanlah akhir dari perjalanan, tetapi awal dari proses yang terus berkelanjutan. Diharapkan, implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 2 Bantul akan terus berkembang dan memberikan dampak positif pada peserata didik, membantu mereka menjadi individu yang berdaya saing, mandiri, dan siap menghadapi perubahan dunia yang semakin kompleks.

Acara ditutup dengan harapan bahwa workshop ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi guru MAN 2 Bantul untuk menerapkan Kurikulum Merdeka dengan sukses di MAN 2 Bantul, sehingga dapat membawa dampak positif dalam pengembangan peserat didik yang lebih holistik dan adaptif. (ith)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?