Proses pembelajaran yang kurang efektif karena minimnya media dalam penyampaian materi pembelajaran sehingga suasana kelas selama pembelajaran cenderung pasif, aktivitas siswa rendah, siswa cepat bosan dalam mengikuti pelajaran. Sikap siswa yang pasif inilah yang mengakibatkan kurangnya semangat belajar sehingga mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama SKI. Untuk itu perlu adanya perbaikan pembelajaran, utamanya dengan pengembangan media pembelajaran dengan memperlihatkan kesiapan siswa sehingga diharapkan hasil belajar siswa lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran SKI Berbasis Buku Lagu āSEIRAMAā di Kelas IX MTs Negeri 4 Bantul.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model Richey and Klein yang menjadi tiga bagian yaitu Perancangan (planning) merupakan kegiatan membuat rencana produk yang akan dikembangkan. Perencanaan ini diawali dengan analisis kebutuhan dan studi literatur. Produksi (production) adalah kegiatan pembuatan produk berdasarkanĀ rancangan yang telah dibuat. Evaluasi (evaluation) merupakan kegiatan menguji dan menilai kesesuaian produk dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas data, Uji One Way Anova, dan Uji Effect Size.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran SKI ini dilakukan pada materi tentang menariknya Islam Nusantara di kelas IX. Terdapat perbedaan yang signifikan pada uji one Way Anova diperoleh 0,002 atau kurang dari 0,05. Oleh karena itu, dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa harga Effect Size (ES) yang diperoleh adalah 0,784. Harga Effect Size yang diperoleh berarti kurang dari 0,8 dan lebih dari 0,2 (0,2 < ES < 0,8) dan tergolong sedang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa tingkat efektivitas media pembelajaran SKI berbasis buku lagu āSEIRAMAā yang dikembangkan adalah sedang. Hasil menunjukkan media yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran yang tak terbatas ruang dan waktu.