Melatih Keterampilan Praktis: Siswa MAN 2 Bantul PKL di Bengkel Gibar Motor

Bantul (MAN 2 Bantul) – Senin (22/4/24), Bengkel Gibar Motor yang terletak di Ngoto RT 01 Bangunharjo, Sewon, Bantul menjadi tempat pelaksanaan penyerahan siswa PKL dari MAN 2 Bantul yang penuh makna. Siswa yang PKL adalah M Rifal HasanudinĀ  denganĀ  guru pembimbing Drs Purwosusilo.

serah terima kepada pemilik bengkel Giyarto tersebut merupakan bagian dari upaya MAN 2 Bantul untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa program Otomotif MAN 2 Bantul melalui program Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Tujuan utama dari program PKL ini adalah untuk memberikan siswa kesempatan nyata untuk mengasah keterampilan praktis mereka sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi akademik siswa dengan memberikan pengalaman langsung di lapangan yang tidak bisa didapatkan di dalam kelas.

Bengkel Gibar Motor dipilih sebagai tempat PKL karena reputasinya yang solid dalam industri sepeda motor lokal. Giyarto, sebagai pemilik bengkel, sangat antusias menyambut kedatangan para siswa PKL. Dia menyadari pentingnya berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan generasi muda agar mereka dapat terampil dan siap menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.

Selama masa PKL yang dijadwalkan selama 3 bulan, siswa akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang dirancang untuk memperluas wawasan dan keterampilan mereka. Mereka akan belajar tentang teknologi terbaru dalam perawatan sepeda motor, praktik kerja bengkel sehari-hari, manajemen layanan pelanggan, dan aspek lain yang terkait dengan pengelolaan sebuah bengkel.

Tidak hanya itu, selama di Bengkel Gibar Motor, siswa juga akan diajak untuk memahami etika kerja dan nilai-nilai profesionalisme yang penting dalam dunia usaha dan industri. Hal ini diharapkan dapat membentuk sikap dan perilaku yang positif serta bertanggung jawab di masa depan.

Melalui pengalaman PKL ini, diharapkan siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi juga mengembangkan sikap proaktif, kreatif, dan mandiri. Dengan demikian, mereka akan lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja dan mampu bersaing dalam era globalisasi yang semakin kompleks.” ujar Purwosusilo.

Sebagai penutup acara penyerahan siswa PKL, para pihak yang terlibat menyampaikan harapan dan dukungan mereka kepada siswa. Mereka yakin bahwa dengan semangat belajar dan kerja keras, siswa akan mampu meraih kesuksesan di masa depan, tidak hanya bagi diri mereka sendiri, tetapi juga bagi masyarakat dan bangsa.(ps)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?