Ekstrakurikuler PMR MAN 2 Bantul Menggali Pengetahuan Siaga Bencana

Bantu (MAN 2 Bantul) – Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di MAN 2 Bantul telah menjadi wadah yang sangat bermanfaat bagi siswa-siswa dalam mengasah pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan pertolongan pertama dan penanganan bencana. Kegiatan ekstrakurikuler ini, yang digerakkan dengan penuh semangat di bawah bimbingan Athaya Tsabitah, berlangsung setiap hari Kamis.

Pada Kamis (9/11/23), PMR MAN 2 Bantul mengadakan sesi pembelajaran yang sangat bermanfaat dengan materi “Ayo Siaga Bencana”. Dalam kegiatan ini, para anggota PMR belajar untuk mengidentifikasi siklus setiap jenis bencana, masing-masing dalam kelompoknya.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan teori tentang berbagai jenis bencana yang mungkin terjadi, seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, tanah longsor, dan lainnya. Setelah pemahaman dasar tentang jenis bencana, para siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok diberikan tanggung jawab untuk mengidentifikasi siklus bencana tertentu.

Siswa-siswa dengan penuh semangat mempelajari gejala awal dan penyebab bencana, proses evakuasi, serta langkah-langkah pertolongan pertama yang dapat mereka terapkan dalam situasi bencana. Mereka juga mendiskusikan peran PMR dalam membantu masyarakat saat bencana terjadi, termasuk bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam upaya penyelamatan dan pertolongan korban.

Athaya Tsabitah, pembimbing ekstrakurikuler PMR MAN 2 Bantul, sangat antusias tentang kegiatan ini. “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang sangat berguna kepada para siswa dalam menghadapi situasi darurat. Kami ingin memastikan bahwa mereka siap untuk menghadapi bencana dan dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada masyarakat. PMR adalah agen perubahan positif dalam upaya penanggulangan bencana,” katanya.

Kegiatan ekstrakurikuler PMR yang dilaksanakan setiap hari Kamis ini menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan kesiapan dan pengetahuan siswa dalam menghadapi bencana. Ini juga memperkuat semangat kemanusiaan yang terus tumbuh dalam diri para anggota PMR MAN 2 Bantul. Semoga pengetahuan yang mereka dapatkan selama kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi mereka dan masyarakat luas. (ith)

Share ke sosial media
Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by
Scroll to Top
Silakan hub. Admin
1
Assalamu'alaikum....Terimakasih Telah Mengunjungi Website MAN 2 Bantul. Ada yang bisa kami bantu?